MARHABAN YAA RAMADHAN 1431H.

Jumat, 01 Januari 2010

Talim mahasiswa STAI perdana berjalan lancar

Meski sedikit telat dari waktu yang ditentukan (ba'da isya langsung), kemeriahan kuliah perdana mahasiswa STAI Al-Fatah dengan tema "Karakteristik Pendidikan Islam" yang dibawakan oleh Drs. Yakhsyallah Mansur, M.A dan dihadiri sekitar 14 muslimin dan 11 muslimat dari berbagai kalangan (mahasiswa, fityah/fatayat, tarbiyah dan balita) tetap berjalan lancar seperti yang diharapkan.
Taufiqurrahman (mahasiswa semester 7 /KPI) selaku amir majelis mengawali majelis talim yang mudah-mudahan berokah dengan bersama-sama membaca do'a awal talim. Sebagai Qori, Hasbi Ash-Shidieqy (qori dan mu'adzin Masjid At-Taqwa) melantunkan kalam Ilahi Q.S Lukman: 12-17 beserta tarjamahnya. Selanjutnya, waktu langsung diserahkan sepenuhnya kepada pemateri, Drs. Yakhsyallah Mansur, M.A.
Membawakan materi tentang pendidikan, pemateri yang dibantu oleh Pak Ikhlas (mahasiswa semester 7 PAI) sebagai operator laptop dan infocusnya, berhubung makalah belum difotokopi, mengajak kita sebagai peserta ta'lim kepada indahnya pendidikan pada zaman Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang menggunakan metode Shuffah (beranda Masjid Nabawi) yang sekarang masih kokoh berdiri di Madinah, sesuai dengan tema tesisnya di Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah, Jakarta yang juga tentang Shuffah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Semoga kita bisa berkesempatan menziarahi tempat bersejarah ummat Islam tersebut.
Dengan berlandaskan pendidikan Ilahiyyah (Al-Qur'an dan As-Sunnah), Bebas dan bertanggung jawab, dan tidak mengenal dikotomi ilmu pengetahuan, pemateri mengajak agar tidak mengikuti gurunya dengan tidak mengetahui asal-usulnya (tidak taqlid buta), tetapi mengkaji lebih dalam ilmu-ilmu yang bermanfaat dan tentunya ilmiah. Sehingga tidak menutup kemungkinan bila seorang murid berbeda pendapat dengan gurunya. Dan banyak pula uraian materi yang diterangka, selengkapnya silakan untuk menggandakan sendiri makalah yang disampaikan oleh pemateri perdana ini.
Waktu juga lah yang memisahkan pertemuan ta'lim perdana ini, ketika pemateri dan peserta masih sangat antusias menuntut ilmu, akhirnya dengan terpaksa harus menutup ta'lim tersebut.
Untuk minggu depan, yang menjadi pemateri adalah Pak Ikhlas dengan tema "menjadi hidup lebih hidup". Kepada yang tadi hadir dalam acara talim perdana, diharapkan mengajak rekannya untuk menghadiri talim rutin minggu depan. (why/kpi7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.