MARHABAN YAA RAMADHAN 1431H.

Selasa, 29 Desember 2009

Soliditas BEM yang Syarat Nilai

Kata berjama'ah, pada umumnya orang mengatakan Kebersamaan. Al-Qur’an telah mensitir tentang pentingnya kebersamaan. kebersamaan pada tingkat yang paling tinggi adalah kebersamaan yang diikat oleh kesamaan aqidah, disebut juga kebersamaan hakiki. Sedangkan kebersamaan yang paling rendah adalah kebersamaan semu, dalam al-Qur'an disebutkan تَحْسَبُهُمْ جَمِيعًا وَقُلُوبُهُمْ شَتَّى, artinya: “Kamu mengira mereka itu bersatu sedang hati mereka berpecah-belah." (QS. al-Hasyr: 14)

Secara bahasa, solid artinya padat, kesinambungan antar komponen, dan bersatu. Sedangkan soliditas artinya kepadatan, kekukuhan, dan kekuatan. Sedangkan secara istilah, mungkin bisa kita terjemahkan seperti bola salju, padat ke dalam dan giat keluar. BEM sebagai wadah aktifitas mahasiswa diharapkan bisa seperti bola salju yang mampu mengimplementasikan ide-idenya menjadi sebuah karya nyata yang syarat nilai. Syarat nilai artinya nilai-nilai positif yang dapat dirasakan kemanfaatannya baik oleh mahasiswa maupun masyarakat pada umumnya.

Untuk mencapai soliditas BEM yang syarat nilai, sedikitnya ada lima hal, yaitu: 1)Membangun Soliditas BEM yang dilandasi oleh kebersamaan yang hakiki' 2)Agenda kerja yang jelas; 3)Dukungan dari para semua pihak (terutama mahasiswa) baik moril maupun materil; 4)Dilaksanakan dengan sepenuh hati dan tidak setengah-setengah; 5) Mengadakan evaluasi secara rutin.

Demikianlah sekelumit ulasan: Soliditas BEM yang Syarat Nilai. Insya Allah, bagi Allah itu mudah... sekiranya kita mau sungguh-sungguh melaksanakan lima hal di atas. Wallahu a'lam bishawab. (M.Ichlas/PAI-06)